Uncategorized

 

Memiliki hidung mancung dinilai dapat memperbaiki penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri. Salah satu cara dapat dilakukan untuk mendapatkan hidung mancung adalah dengan rhinoplasty. Cara ini cukup populer terutama untuk kaum milenial yang tidak lagi tabu terhadap prosedur mendapatkan bentuk hidung sesuai yang diinginkan secara instan dengan operasi.

Rhinoplasty

Operasi hidung (rhinoplasty) merupakan pembedahan untuk memperbaiki bentuk atau penampilan hidung menjadi lebih harmonis. Namun tidak hanya untuk alasan estetika, rhinoplasty juga dilakukan untuk memperbaiki bentuk hidung kurang ideal yang menjadi penyebab kesulitan bernapas, memperbaiki cacat bawaan pada hidung, atau bahkan bentuk hidung yang rusak akibat kecelakaan.

Prosedur Rhinoplasty
Umumnya rhinoplasty dilakukan dengan melakukan bius lokal ataupun bius total, tergantung pada saran dan pertimbangan spesialis bedah plastik saat melakukan pemeriksaan awal. Dokter juga akan menganalisis bentuk batang dan cuping hidung yang akan dikoreksi dari pasien. Saat konsultasi, pasien diharapkan dapat mendiskusikan secara detil dengan spesialis bedah plastik mengenai kondisi, risiko, dan hasil yang diharapkan dari prosedur tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk menjalankan operasi hidung.

Augmentasi Rhinoplasty
Pada prosedur rhinoplasty yang membutuhkan material tambahan implan agar bentuk hidung menjadi mancung, pasien akan diberikan 2 macam pilihan:

– Bahan prostetik silikon padat
– Kartilago tulang rusuk yang diambil dari tubuh pasien

Prosedur yang menggunakan kartilago atau tulang rawan yang diambil dari tubuh pasien umumnya lebih banyak diminati karena beberapa alasan berikut:
– Menggunakan kartilago dari tulang rusuk, yang merupakan bahan dari tubuh pasien sendiri sehingga tidak ada risiko penolakan oleh tubuh.

– Struktur hidung tampak lebih natural, tidak tampak seperti hidung yang pernah dioperasi.
– Garis sayatan relatif tidak telihat pasca operasi.
– Direkomendasikan untuk hidung rata dan pendek, serta untuk merevisi hidung yang sudah pernah operasi sebelumnya.
– Risiko komplikasi lebih minim jika dibandingkan dengan penggunaan silikon.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *